Senin, 28 September 2015

Tahapan Seleksi Rekruitment Pegawai Bank Indonesia

Tahapan seleksi rekruitment calon pegawai/karyawan di lingkungan bank-bank, baik itu bank swasta maupun bank pemerintah (BUMN), melalui beberapa tahapan ada yang hanya tiga tahapan, empat tahapan dan bahkan ada yang mencapai tujuh tahapan bahkan lebih. Pada bank Indonesia proses seleksi cukup panjang dan cukup melelahkan, bisa mencapai 6 tahapan. Karena itu perlu strategi dan persiapan yang matang agar setiap tahapam dapat dilewati dengan sukses.
Beberapa pengalaman dari rekan-rekan yang pernah ikut seleksi penerimaan pegawai Bank, kiranya bisa digunakan sebagai bahan acuan dalam rangka keikutsertaan anda dalam seleksi tersebut.

Test Penerimaan Pegawai Bank

6 Tahapan Seleksi Bank Indonesia

Tidak banyak yang bisa diceritakan mengenai pengalaman dari beberapa rekan saya yang mengikuti seleksi penerimaan pegawai bank Indonesia (BI). Secara keseluruhan, seleksi BI tersebut melibatkan 6 tahap seleksi mulai dari seleksi administrasi hingga wawancara. Beberapa hal yang bisa diceritakan mengenai masing-masing tahapan seleksi tersebut akan coba saya paparkan. 

1. Tahap seleksi administrasi

Tahap pertama adalah seleksi administrasi. Tahap ini dilakukan setelah para pelamar melakukan registrasi yang bersifat online. Kriteria kelulusan tentunya mengacu pada kriteria kelulusan dasar yang terkait dengan IPK (Indeks Prestasi Komulatif) minimal, latar belakang pendidikan, dan umur untuk masing-masing pendidikan.

2. General Aptitude Test

Kedua, General aptitude Test, Tes ini mencakup pengetahuan akademik dan pengetahuan umum. Isi test nya mencakup Matematika, Bahasa Indonesia, dan soal-soal pengetahuan umum lainnya. Sebelum test dimulai, panitia akan melakukan pemeriksaan terhadap berkas-berkas pelamar untuk melihat apakah data yang dimasukkan saat registrasi online sama atau tidak dengan kenyataan.
ada beberapa pelamar yang harus meninggalkan ruangan test karena berkas-berkasnya dianggap tidak valid. 

3. Tes Pengetahuan Tertulis

Ketiga, Tes pengetahuan tertulis. Tes ini merupakan test pengetahuan umum perbankan dan tes disiplin ilmu. Bagi mereka yang latar belakangnya pendidikan ilmu komputer, soal-soal tentang algoritma pemrograman pun keluar. Selain algoritma pemrograman, ada juga beberapa soal yang menyinggung sisi bisnis dalam pengembangan aplikasi komputer, dan soal tentang perangkat keraspun tak luput ditanyakan.
Untuk pengetahuan umum perbankan sangat sulit ditebak. Sepertinya lebih banyak pengetahuan ekonomi yang ditanyakan ketimbang pengetahuan perbankan itu sendiri. Untuk itu pesiapkan diri anda dengan memperkaya wawasan anda mengenai dunia perbankan sebelum melakukan tes.

4. Tes Bahasa Inggris dan Psikotes

Keempat, tes bahasa inggris dan psikotes. Tes bahasa inggris merupakan tes yang wajib diikuti oleh para pelamar bila tidak sanggup menyediakan sertifikat TOEFL dengan batas nilai yang sudah ditentukan, sehingga terpaksa mengikuti tes ini. Karena itu penting bagi anda untuk mengambil ujian TOEFL atau sejenisnya di beberapa lembaga bahasa asing, selain dari latihan (Try Out ) di rumah.
Tes bahasa inggris yang diujikan ini modul ITP TOEFL, yaitu tes TOEFL yang standarnya disesuaikan dengan instansi yang menyelenggarakan tes. Tes ITP TOEFL ini umumnya ditangani langsung oleh LMFEUI Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia) yang memang merupakan panitia se;eksi secara keseluruhan.
Sedangkan, Tes Psikotesnya sendiri sebenarnya cukup sederhana. Dari sekian rekan saya yang sudah beberapa kali mengikuti tes psikotes dibeberapa seleksi. Bila dibandingkan dengan tes psikotes yang pernah dilakukan pihak lain, tes psikotes untuk penerimaan pegawai BI ini terbilang mudah dan tidak terlalu melelahkan.

5. Tes Pemeriksaan Kesehatan dan Psikiatri

Kelima, Tes pemeriksaan kesehatan dan psikiatri. Untuk tes ini, pelamar harus seiap secara jasmani maupun rohani. Tes pemeriksaan kesehatan dan psikiatri ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelamar itu berbadan sehat dan waras.

6. Wawancara (Interview)

Keenam adalah wawancara. Pada tahap ini adalah tahap terakhir pada seleksi pegawai BI. Yang di uji tidak hanya kompetensi pelamar tapi juga kemampuan mempresentasikan diri masing-masing. Wawancara dilakukan oleh satu tim pewawancara yang berjumlah 4 orang.

Itulah gambaran  yang akan dilakukan pada saat penerimaan pegawai di BI. Tahapan bisa saja berubah sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, biasanya ke 6 tahapan diatas tidak akan luput dari materi yang harus dihadapi dalam tes. Semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam persiapan menuju test penerimaan pegawai/karyawan Bank Indonesia (BI) ataupun Bank lainnya di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar