Rabu, 24 Desember 2014

Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS

Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS

Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS
PNS
Setiap kali seleksi penerimaan Pegawai Negri Sipil (PNS) diumumkan, ribuan peserta dari berbagai lulusan mendaftarkan diri dan bersaing memperebutkan posisi yang sedikit jumlahnya. Dari ratusan bahkan ribuan peserta tes, hanya beberapa peresen saja dari jumlah keseluruhan yang bisa lolos. Mereka yang lolos bukan termasuk peserta yang pandai, tapi mereka yang lolos biasanya adalah orang yang paling siap yang telah mempersiapkan diri menghadapi tes CPNS.

Kunci keberhasilan menghadapi tes CPNS ini adalah anda harus banyak berlatih, berlatih dan berlatih soal-soal CPNS. Dengan berlatih, anda menjadi akrab dengan berbagai jenis dan tipe soal, sehingga kemampuan analisa anda semakin terasah dan semakin tajam. Kemampuan analisa yang tajam ini sangat membantu anda nantinya dalam menempuh tes-tes dan meraih skor hasil yang optimal. Namun sesungguhnya, ada beberapa tips dan trik yang bisa membantu anda dalam menghadapi tes CPNS ini. Berikut diantaranya:
  •  Berlatihlah soal-soal tes apapun bentuknya namun yang relevan dengan tes CPNS sebanyak banyak nya. Dan patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan soal tes yang ada. Ini penting untuk membiasakan diri anda bekerja cepat menyelesaikan soal-soal tersebut. Jika anda tidak mematuhi batasan waktu tersebut, anda akan terbiasa mengerjakan soal nya dengan santai dengan jangka waktu yang lama. Jika ini terjadi, maka ketika anda mengerjakan soal tes yang sebenarnya, anda akan mengalami kesulitan pengaturan waktu. Latihanlah soal-soal tes sebanyak-banyaknya akan membuat anda akrab dengan bebagai jenis dan model soalnya. Analisa anda dalam mengejakan soal-soal tersebut juga akan meningkat seiring dengan banyaknya latihan yang anda kerjakan.
  • Dalam tes, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. Oleh sebab itu, tak perlu anda menghafal berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes, karena hal itu hanya akan membebani anda saja. Yang diperlukan adalah logika berfikir yang terstruktur. Dengan banyak latihan soal, logika berfikir anda akan terlatih untuk semakin terstruktur sehingga memudahkan anda mengerjakan soal-soal serupa dengan cepat dan benar.
  • Saat anda mengerjakan soal-soal tes, kondisikan diri anda kedalam keadaan konsentrasi penuh. Tetap rileks dan jangan tegang, jangan panic. Tegang hanya akan membuat energy anda terkuras, panic dapat membuat anda ceroboh dan terburu-buru dalam mengerjakan soal. Sehingga akan mudah terkecoh dengan jawaban yang sekilas seperti jawaban yang benar namun salah.
  • Jangan berkutat terhadap satu soal tertentu. Ini sangat berbahaya!. Rasa penasaran terhadap satu soal tertentu (biasanya terjadi pada soal-soal numeric atau angka) membuat waktu anda terkuras untuk mengerjakan soal tersebut. Belum lagi energy anda juga turut berkurang secara signifikan. Ditambah lagi emosi juga akan naik, bila ternyata kemudian anda gagal menemukan jawabannya. Ingatlah bahwa setiap butir soal tes memiliki bobot nilai yang sama. Sehingga jangan membuang-buang waktu untuk sekedar mempertuturkan rasa penasaran anda tersebut.
  •  Ingat! Yang terakhir ini jangan sekali-kali melihat atau mengintip kunci jawaban sebelum anda selesai mengerjakan semua soal. Karena hasil apapun yang akan anda peroleh bila setiap kali melihat kunci jawaban tidak memberikan hasil yang akurat dan tidak valid.

·    Terima kasih telah membaca artikel Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS.

Semoga Sukses.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar