Kamis, 25 Desember 2014

Kiat-kiat Lulus Tes CPNS

Kiat-kiat Lulus Tes CPNS

Kiat-kiat Lulus Tes CPNS
Tes CPNS

Persiapan Awal

Dalam menghadapi tes calon pegawai negri sipil (CPNS), anda harus punya persiapan matang dan terpadu, yang terkait masalah teknis dan nonteknis. Anda harus mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan instansi yang akan anda masuki. Setelah mengetahuinya, anda mesti memahami jenis soal yang akan diberikan saat ujian. Anda pun perlu mengukur tingkat kemampuan anda dalam berbagai hal. Dan, yang terpenting, anda harus banyak berlatih soal-soal yang akan diujiankan, serta banyak membaca baik di buku maupun lewat internet agar wawasan anda bertambah.

Mengenal Berbagai Tes Menjadi PNS

Sesungguhnya, tes masuk CPNS cendrung pada kemempuan intelektual yang akan mengujikan berbagai varian tes yang sifatnya akademis dan kognitif. Tapi, itu juga tidak menutup kemungkinan adanya tes lanjutan pada instansi tertentu, seperti adanya tes psikotes dengan berbagai varian tes nya.
Tes yang sifatnya intelektual adalah tes berupa kemempuan yang berhubungan dengan proses kognitif, berfikir, daya menghubungkan, serta kemampuan dalam menilai dan mempertimbangkan. Aspek-aspek yang masuk ke dalam tes intelektual, yakni intelegensi umum, daya abstraksi, daya tangkap, kemampuan analisis dan sintesis, logika berfikir, serta daya kreativitas.
Selain adanya tes intelektual tersebut, ada pula aspek-aspek psikologis yang penting diketahui oleh anda. Aspek-aspek psikologis yang biasanya dinilai dalam bebagai tes CPNS adalah sebagai berikut:
1.       Kepribadian
Aspek-aspek psikologis dalam tes psikologi yang termasuk di dalamnya adalah motivasi berprestasi, stabilisasi emosi, hubungan social, penyesuaian diri, kemandirian, komunikasi dan kerja sama.
2.       Sikap Kerja
Adapun aspek-aspek psikologis dalam tes sikap kerja yang termasuk di dalam nya adalahsistematika kerja, daya tahan kerja, ketelitian kerja, kecepatan kerja, dan konsentrasi kerja.

Sementara itu, untuk mengukur tingkat bakat seseorang, diperlukan tes bakat atau aptitude test. Tes bakat yang dirancang untuk mengungkap prestasi belajar pada bidang tertentu dinamakan Scholastic Aptitude Test atau tes bakat skolastik (TBS). Contoh tes bakat skolastik adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Graduate Record Examination (GRE).
Tes potensi akademik adalah salah satu tes untuk mengetahui bakat atau aptitude seseorang. Maka tingkat intelektual seseorang bukan menjadi penentu keberhasilan.
Biasanya, yang menjadi materi tes bakat meliputi tes verbal (padanan kata, lawan kata, dan analogi verbal), tes kuantitatif (hitungan, deret angka dan komparasi kuantitatif), tes penalaran (logika formal, analitis, spatial dan penalaran logis).

Selain berbagai jenis tes tersebut, dunia kerja juga menuntut adanya tes psikologi atau psikotes. Dalam tes psikotes, ada beberapa proses tang terdiri atas wawancara dan observasi, daftar riwayat hidup, serta tes psikologi. Dalam menghadapi tes kejiwaan ini, jenis yang akan dihadapi dapat berupa tes prestatif yang popular dengan tes intelegensi, tes proyektif, serta tes inventori atau daftar pertanyaan.

Terima kasih telah membaca artikel Kiat-kiat Lulus Tes CPNS semoga bermanfaat dan bisa membantu anda menghadapi tes CPNS.

Selamat Belajar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar