Kamis, 27 November 2014

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien



Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Belajar yang Efektif dan Efisien
Belajar adalah cara seseorang untuk mengetahui atau mendalami sesuatu ilmu pengetahuan baik ilmu akedemis maupun non akademis. Untuk mengetahui lebih dalam tentang sesuatu ilmu, belajar adalah cara yang harus di lakukan. Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Perbedaan cara belajar, ternyata mempengaruhi hasil belajar nya.


Berikut tips belajar yang efektif dan efisien agar dapat menggunakan waktu belajar seminimal mungkin namun dengan hasil yang maksimal.

1.  Berdoa
Jangan sepelekan berdoa. Biasakan sebelum dan sesudah belajar, panjatkan doa terlebih dahulu agar kegiatan belajar kita menuai manfaat. Sempatkan waktu 1 menit saja untuk berdoa.

2. Konsentrasi
Konsentrasi sangat diperlukan saat proses belajar. Usahakan ketika belajar alat komunikasi di silence atau di matikan sejenak agar proses belajar tidak terganggu. Jika anda belajar mengguanakn laptop atau komputer, non aktifkan jejaring social seperti facebook, twitter, g+ dll agar konsentrasi anda tidak terganggu dan terpusat pada pelajaran.

3. Gunakan Teknik belajar yang Tepat
Penggunaan teknik belajar juga di perlukan agar proses belajar berlangsung efektif dan efisien. Contoh teknik belajar adalah jika anda belajar pelajaran seperti matematika, fisika, algoritma dll perbanyaklah berlatih mengerjakan soal ketimbang membaca. Sebaliknya jika yang anda pelajari pelajaran seperti sejarah, sastra dll perbanyak lah membaca. Penentuan teknik belajar yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil belajar anda.

4. Selingi dengan Istirahat
Agar anda tidak jenuh dan cepat lelah, selingi kegiatan anda dengan istirahat. Misalnya setelah 25 menit istirahatkan lah diri anda selama 5 menit. Waktu 5 menit itu bisa anda pakai untuk membuat kopi, membalas sms penting ataupun shalat. Setelah periode 25 menit berlangsung 4 kali (artinya anda telah belajar selama ±2jam) istirahatkan diri anda agak lama, bisa 20-30 menit agar tubuh anda relax kembali. Penggunaan selingan istirahat sangat efektif untuk mamperlambat kelelahan ataupun kejenuhan belajar. Sehingga proses belajar dapat berlangsung efektif dan efisien.  


5. Disiplin
Untuk memperoleh hasil yang baik, kedispilinan adalah hal yang harus di lakukan. Berdisiplin lah dalam segala hal termasuk dalam belajar. Gunakan lah beberapa jam waktu dari 24 jam yang anda peroleh tiap hari. Misalnya sehari 3-4 jam. Gunakan beberapa hari dalam 7 hari yang anda peroleh dalam seminggu untuk belajar. Misalnya 5-6 hari dalam seminggu. Kedisiplinan sangat penting untuk memperoleh hasil yang baik dalam belajar.

6. Niat
Niatkan kegiatan belajar anda adalah untuk hal yang positif. Seperti untuk meningkatkan kemampuan, agar memperoleh nilai memuaskan dalam ujian dll. Jangan sampai niat belajar anda karena terpaksa. Seperti dipaksa orang tua, guru, dosen dll. Karena jika anda terpaksa, anda tidak akan pernah meraih hasil maksimal. Tanamkan lah pada diri anda belajar adalah untuk masa depan anda apapun yang anda pelajari asalkan positif.


Lakukan lah cara-cara di atas agar proses belajar anda efektif dan efisien. Tidak membuang banyak waktu belajar namun hasil belajar anda minim. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar